Rabu, 27 Maret 2013

Komputer Lembaga Keuangan Perbankan

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju pastinya selalu ada yang namanya uang dalam setiap kegiatan dan uang pun juga mempunyai fungsi yaitu sebagai alat tukar, satuan hitung, serta membuat kemakmuran dan kekayaan bagi masyarakat yang mempunyainya. Membicarakan uang pastinya ada orang yang mempunyai finansial yang berada diposisi plus(+) sebut saja A dan ada orang mempunya finansial yang berada diposisi minus(-) sebut saja B. Dalam keberlangsungannya ada lembaga keuangan, sebut saja dengan nama Bank Siti yang mengatur sirkulasi keuangan di masyarakat untuk menjadikan uang itu selalu berputar. Disini, Bank Siti mempunyai peranan yang sangat vital khususnya bagi A dan B. A mempunyai kelebihan finansial lalu ditabunglah uangnya di Bank Siti, B yang mempunyai keadaan finansial yang tidak begitu menggembirakan meminjam uang di Bank Siti untuk melakukan berbagai kegiatan.
Syarat untuk melakukan peminjaman
·        Trust (kepercayaan)
·        Fund (dana)
Bank Siti pun tidak hanya memberi pinjaman kepada masyarakat tetapi juga ke perusahaan yang bernama AHM mungkin untuk kegiatan operasional. Kembali kepada si B, jika B melarikan diri atau meninggal Bank Siti akan mendapatkan asuransi dengan perhitungan:
A: 100.000 dari asuransi 10 x – 100 juta jadi 100% tetapi kembali mencari biaya tambahan ke PT. XYZ.
Karena melihat perkembangan yang selalu berubah meminjam dana kembali tetapi bukan di bank melainkan di pasar modal. Di pasar modal sendiri nanti ada 2 hal yaitu obligasi dan saham. Bagi sebagian kalangan, interest yang ditawarkan itu sangatlah tinggi yakni I3>I1 jika dibandingkan di bank yakni I3<I2. Nantinya bila perusahaan sudah mengalami keuntungan tidaklah diambil semua keuntungannya tetapi hanya sebagian saja karena sisanya untuk nama laba ditahan atau retainet earnings. Dari Rp100.000.000 pinjaman dari bank PT XYZ mengajak PT KLM untuk meringankan segala pinjaman yang telah dilakukan oleh PT. XYZ dengan perhitungan 20% PT. XYZ dan 80% PT. KLM. Yang berlanjut untuk mencari capital gain dari kedua perusahaan tersebut. PT. KLM menambah perusahaan yang bernama PT. OPQ terbagi dari perusahaan OP, OQ, dan PQ berfungsi untuk mampu mengembalikan dana Rp100.000.000 dengan masing-masing porsi 20% dan semua akhirnya kembali ke Bank Siti.

    Likuiditas                             World Finansial Flow
+A                                                                                                                               OP
     OQ          OPQ
       moneter                Trust                             20%          20%
Bank Siti                                           20%                                                                       PQ
Fund
                                                                              Ps. Modal
-B                                          I3>I1
                                          I3<I2                                                         Capital Gain                  PT. KLM




AHM                                 PT. XYZ  A & B (27/3) 10.00                               2000
                                                                                14.00       10.000/lembar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar